“Yuk, Menulis Melalui Blog”

 

“Yuk, Menulis Melalui Blog”

 Wednesday, June 28, 2023

KBMN 29

Pukul 19.00 -21.00

Resume  5

 


Moderator       : Helwiyah S.Pd., M.Pd

Narasumber     ; Dail Ma’ruf, M.Pd

Tema               : Blog sebagai Media Pembelajaran

Di sekitar rumah, saat ini tengah berkumandang gema takbir Idul Adha. Saling bersahut-sahutan, dan anak-anak bergembira bertakbiran sambil melihat hewan kambing dan sapi yang berkumpul di halaman masjid dekat rumah. Tiada suara yang paling indah dan dapat memenuhi relung hati kecuali memanggil nama Allah yang Maha Besar. Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Laaillaahaillahu wallahu Akbar. Allahu Akbar walillaahil hamdu… 

Dan saya masih dengan setia mengikuti kelas belajar menulis secara online. Ibu Helwiyah membuka kelas online malam ini. Sangat bersemangat di sela-sela suara takbir dan bapak Dail Ma’ruf yang juga telah berada di kelas kami. Jadi tidak ada kata malas.  Bahkan bapak Dail Ma’ruf, bercerita bahwa beliau dulunya juga sama dengan para pemula di KBMN 20 yang belum mempunyai blog. Berkat Om Jay, beliau mampu membuat blog melalui tutorial yang diberikan. Sempat merasakan kebingungan, kok para peserta dengan mudahnya mengirimkan link resumenya bersamaan selesainya kelas online. Dengan bertanya kepada pengirim resume pertama, akhirnya beliau mendapat triknya, bagaimana cara membuat resume dengan cepat.

Malam ini, bapak Dail Ma’ruf memberikan materi mengenai blog sebagai media pembelajaranDalam perkembangan zaman saat ini, guru dituntut untuk mengikuti kemajuan digital dalam memberikan media pembelajaran kepada peserta didik. Guru dapat menyimpan berbagai informasi berkaitan dengan materi yang relevan dengan bidang yang digelutinya. Adanya covid-19 telah memaksa para pendidik untuk turut serta aktif meningkatkan teknik mengajarnya guna memaksimalkan kualitas belajar peserta didik.

Kata blog berasal dari kata weblog  yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 oleh Jhon Barger. Beliau memberi nama blog sebagai website khusus yang bersifat pribadi atau personal. Pengertian blog terdapat pada http://www.pengertianahli.com/2013/12/pengertian-blog-dan-sejarah-blog-html-2014. Juga dalam http://Wikipedia.com

Dalam perkembangan dari waktu ke waktu, blog terdapat 12 jenis. Antara lain Pendidikan, sastra, pribadi, blog bertopik, hukum, blog media, agama, serta blog bisnis. Dari berbagai jenis blog, tentunya mempunyai banyak manfaat. Namun paling tidak ada 5 manfaat yang memberikan kontribusi kepada para pembaca. Antara lain:

  1.             Blog sebagai rumah belajar
  2.             Blog meringankan tugas dan beban guru
  3.                    Blog dapat meningkatkan minat belajar siswa
  4.                     Blog dapat diakses oleh siapa pun
  5. .                  Blog sebagai media silahturrahim

Contoh blog yang baik sebagai media pembelajaran yaitu kita dapat sisipkan video you tube tutorial pembelajaran, dan para siswa dapat memberikan tanggapan terhadap materi yang dibuat. Dapat juga digunakan untuk ulangan harian dan memberikan tanggapan secara langsung.

Dalam sesi tanya jawab, antara lain mengenai cara membuat blog yang menarik. Salah satu jawaban beliau adalah sering mengubah profile, dan rajin menonton tutorial cara membuat blog pembelajaran yang menarik. Asal ada kemauan, disitulah ditemukan solusi.

Saran beliau bahwa sebelum memposting di blog sendiri tetap save di word. Jika sewaktu-waktu ingin memposting di melintas.id atau lainnya tidak mengambil dari blog. Karena bisa masuk kategori plagiat.

 

Alhamdullillah….

 

Salam literasi

 

 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi – Coaching dan Supervisi Akademik Modul 2.3

“Membaca, lalu Menulislah. “

“HARUSKAH ADA TARHIB RAMADHAN?”