"Menulis untuk Situs Portal Berita”

 "Menulis untuk Situs Portal Berita”

 Friday, June 30, 2023

KBMN 29

Pukul 19.00 -21.00

Resume  6

 


Moderator       :  Arofiah Afifi, S.Pd.

Narasumber     ;  Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Tema               :  Teknis Menulis untuk Situs Portal Berita

                            Melintas.id

Seperti biasa, malam ini kembali mengikuti kelas belajar menulis online. Diawali oleh moderator yang memberikan tulisannya dengan indah. Masih terasa aroma sate, rendang, dan gulai daging kurban juga suasana Idul Adha. Ibu Arofiah juga mengumpamakan dengan seorang Napoleon Bonaparte, panglima yang tersohor keberaniannya, kehebatannya dalam dunia perang dan politik. “Aku lebih takut kepada tiga penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit yang bersenjata bayonet lengkap”. Kalimat tersebut menggambarkan bahwa, peranan tulisan lebih berpengaruh dan berbahaya daripada senjata. Alasannya, karena kekuatan peluru timah panas, yang mengenai badan, hanya berefek satu peluru satu nyawa. Sementara peluru yang ditembakkan penulis akan memberikan pengaruh yang dahsyat. Dari pikiran lalu menembus ke hati.

Penuturan ibu Ovi, moderator bahwa tulisan yang bagus dan memiliki power, maka dibutuhkan media yang mendukung tulisan seperti Portal berita melintas.id. Yaitu portal berita online, ibaratnya koran online. Untuk bisa menulis di melintas.id tentunya dibutuhkan teknik dan ketentuan yang berlaku.

Narasumber malam ini adalah bapak Brian, seorang guru SD  di Jakarta yang juga aktif menulis di blognya. Blog pertama beliau adalah www.praszetyawan.com yang dibuat tahun 2009. Dan profilnya pernah dimuat dalam buku berjudul “Majors For The Future”. Puluhan tulisannya telah dimuat di berbagai media cetak. Sebagian besar dimuat di Tabloid Bola, Harian Bola, Tabloid Soccer, Kompas, Kedaulatan Rakyat, Warta Kota, Media Indonesia, dan Majalah Hidup. Mempunyai beberapa blog, buku solo, buku Antologi, dan mengikuti komunitas para blogger, pengalaman berorganisasi, serta menjadi narasumber dalam pelatihan menulis di blog,  khususnya para pemula atau penulis di komunitas PGRI.

Setelah moderator memberikan prolognya, bapak Brian menyampaikan materinya. Melintas merupakan akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja. Media ini terbentuk berdasarkan ide dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN 27 saat menjad penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis. Tujuan didirikan melintas.id adalah memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI.

Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/ gaya tulisan yang berbeda dengan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya. Diperkirakan dari  KBMN PGRI yang setiap dibuka terdapat 500-1000 peserta. Setidaknya ada 10% peserta yang akan aktif dan konsisten dalam menulis, sehingga mampu menghasilkan 50-100 penulis. Diharapkan media online ini dapat menghasilkan para penulis yang produktif dan menghasilkan karya-karya yang orisinil.

Di melintas.id menyediakan 10 menu rubrik. Antara lain : Pendidikan, sastra, parenting, news, religi, sekolah, literasi, aneka ragam (kuliner, traveling, Kesehatan, budaya), olahraga dan opini. Juga menurut bapak Brian bahwa di melintas,id dalam kepenulisan dikategorikan dengan 2 penulis yaitu :

  1. Penulis lepas
  2. Penulis tetap

Dijelaskan bahwa penulis lepas itu merupakan penulis yang tidak ada target jumlah tulisan, serta mengirim tulisan melalui email. Sedangkan penulis tetap yang ingin bergabung harus sanggup mengikuti aturan dan memenuhi target penulisan. Berbeda dalam menulis di blog, bahwa penulis tetap tidak mempunyai akses menulis secara langsung. Yang mempunyai akses hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya dengan menggunakan word lalu dikirimkan melalui google form. Berikut tata caranya:

  1.           download format file word
  2.           Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan
  3.           Kirim ke link form

Dalam menulis di melintas.id tidak langsung dapat ditayangkan namun melalui tangan editor. Sehingga memerlukan waktu yang agak lama bahkan berhari-hari.  Setiap editor akan mengecek tulisan yang masuk. Disarankan tidak ada plagiarisme, dengan batas toleransi plagiarisme maksimal 30%. Target utama menulis di melintas.id adalah mengejar jumlah pembaca. Jadi menulis di melintas.id adalah tidak belajar menulis. Belajarnya di KBMN saja.

 

Sebagai penutup dari penulis.

 

Makan sate makan ketupat

Makannya di rumah Adi

Jika ingin menjadi penulis hebat

Kirimkan tulisanmu di melintas.id

 

Salam literasi

 

 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi – Coaching dan Supervisi Akademik Modul 2.3

“Membaca, lalu Menulislah. “

“HARUSKAH ADA TARHIB RAMADHAN?”