Pawai obor keliling RT dan RW


Pawai obor menyambut tahun baru Islam keliling rt dan rw

TPQ Mesjid Alhidayah di lingkungan Benda Timur Pamulang, mengajak para santrinya untuk ikut menyemarakan pergantian tahun baru Islam. Malam kemarin langsung saya ikut menulis list untuk Iqbal  agar  hadir dalam pawai obor malam ini. 

Dimulai dari pukul 17.30 sore tadi, anak anak dan para orang tua telah berkumpul di mesjid Al Hidayah. DKM dan ibu ustadzah mendata anak anak yang hendak mengikuti pawai. Setelah adzan magrib dan sholat berjamaah, anak anak, ibu ibu dan para jamaah mesjid al Hidayah mulai berbaris dan memegang obor yang sudah dipersiapkan. Obor pun mulai menyala , dan nampak menerangi jalan di depan mesjid. 

Ustadz Umar memimpin jamaah dengan bersholawat, anak anak memegang obor dan mengikuti bersholawat sambil berjalan. Tampak riang gembira, melewati jalan jalan di rt dan rw. Obor dengan sinarnya yang terang menerangi jalanan. Banyak yang melihat di pinggir jalan. Senyum dan kebahagiaan nampak di wajah pengikut pawai dan penonton. 

Sebagai umat islam, ikut memeriahkan pergantian tahun baru Muharram adalah hak setiap muslim. Sudah seharusnya, dalam pergantian tahun baru Islam, kita mengingatnya. Tidak hanya tahun Masehi saja yang dimeriahkan, namun sudah sewajarnya, dalam perjalanan kehidupan manusia, ada tahun hijriah tahun yang berputar berdasarkan revolusi bulan. 

Juga dalam tahun Muharram sebagai pengingat peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah .  Dan pembeda antara yang hak dan yang bathil.

Hendaknya umat Islam tidak hanya merayakan tahun baru dengan pawai obor  saja tetapi dapat memaknainya dengan perubahan pribadi yang makin bertaqwa,  meninggalkan kejahilian dan menggantinya dengan kecerdasan manusia yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. 

Acara malam ini dilanjutkan dengan ceramah agama menyambut tahun baru Islam oleh ustadz Abdul Latif, S.Pdi tepatnya ba'da sholat isya berjamaah. Mendengarkan dengan seksama ustadz kesayangan wilayah kami sambil bersholawat. Lalu ditutup dengan ramah tamah atau makan malam bersama. 


Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. 


Salam literasi 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi – Coaching dan Supervisi Akademik Modul 2.3

“Membaca, lalu Menulislah. “

“HARUSKAH ADA TARHIB RAMADHAN?”