Indahnya Silahturahmi

 Pamulang, Tangerang Selatan

Story today, 6 August 2023


Ke Kebun binatang Ragunan

Tidak seperti biasa, bulan Agustus ini warga RT 09/12 di wilayah Benda Baru, Pamulang melakukan kegiatan arisan bulanan di tempat yang agak jauhan dari rumah. Tempat wisata kebun binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Acara ini termasuk dadakan , karena hanya terbersit lalu dilempar ke warga , akhirnya gayung bersambut.  Para Ibu muda pun menyikapi dengan gembira. Serta mengambil alih yang mengkoordinir pelaksanaan kegiatan ke Ragunan.

Silahturahmi merupakan ajang komunikasi lebih dekat secara personal atau kelompok. Pertemuan yang kurang intens dapat direkatkan apapun tujuannya. Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, selalu memerlukan bantuan, dukungan dan kerjasama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kelahiran seseorang ke dunia tidak lepas dari bantuan serta doa orang orang yang di sekitarnya.

Dalam Islam telah diajarkan bahwa dengan bersilaturahmi dapat menumbuhkan sikap empati dan simpati kepada orang -orang di sekitarnya, melancarkan rezeki, juga dapat mempererat persaudaraan yang sempat terputus. Pun bagi mereka yang dengan sengaja memutus tali silaturahmi, disebutkan dalam hadits Bukhori dan Muslim, tidak akan masuk surga. Maka , selama diberikan umur dan kemampuan berkomunikasi serta berkumpul dengan warga terdekatnya, bersilaturahmilah. Maka kalian akan mendapatkan manfaatnya.

Meskipun, sangat sederhana , namun kegiatan arisan ini dapat terlaksana dengan lancar. Anak anak serta generasi warga RT 09/12 Benda Baru Pamulang banyak yang turut serta bersenang- senang melepaskan penat setelah menghadapi rutinitas kerja yang padat. Kegiatan arisannya sangat sederhana yaitu seperti biasanya mengocok-ngocok nama untuk putaran berikutnya dan bertukar kado. serta berbagai informasi yang berkaitan dengan kemasyarakatan. Selepas kegiatan arisan selesai, anak anak dan para ibu muda melangkahkan kakinya mengunjungi hewan-hewan yang nampak di kebun binatang Ragunan.  Dengan biaya yang murah, keceriaan dan kegembiraan menyelimuti aktivitias di hari itu. Hendaknya kita selalu turut serta meramaikan dan menjaga keakraban, karena tetangga adalah sebaik-baiknya keluarga terdekat setelah kerabat


Yuk, selalu bersilahturrahim...


Salam literasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi – Coaching dan Supervisi Akademik Modul 2.3

“Membaca, lalu Menulislah. “

“HARUSKAH ADA TARHIB RAMADHAN?”