Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pengajaran dan pendidikan
Pemikiran
Ki Hajar Dewantara tentang pengajaran dan pendidikan
Disusun oleh : Himmatul Jamilah, S.Pd., M.Pd - CGP Angkatan 9
SDN Serua 04 Tangerang Selatan , Banten
Ki
Hajar Dewantara dilahirkan di jaman penjajahan. Rakyat Indonesia mengalami
tekanan dan berakibat pada tidak ikut serta dalam dunia Pendidikan. Hanya
Sebagian kecil yang mengecap dunia Pendidikan. Tokoh yang menekuni dunia
Pendidikan, bapak Ki Hajar Dewantara melihat dan merasakan, pendidikan yang
jauh dari memerdekan manusia. Dengan berbagai pemikirannya, adanya Pendidikan
dapat menentukan kualitas manusia dan sumber daya manusia sebagai prioritas
utama.
Pemikiran Ki Hajar Dewantara telah memberikan kontribusi di dalam Pendidikan dan merupakan suara hati untuk meningkatkan Pendidikan sebagai bagian dari menjadikan manusia lebih bermartabat. Semboyan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani telah terpatri di hati saya sebagai seorang pendidik. Banyak hal yang dapat dikemukakan dan diajarkan bahwa Pendidikan tidak sekedar menyampaikan ilmu kepada siswa saja, namun lebih mengaitkan Pendidikan dengan pembentukan karakter yang dapat menempatkan siswa sesuai kodratnya.
Di dalam pengajarannya bahwa bapak Ki Hajar Dewantara telah menganjurkan agar Pendidikan harus memperhatikan ilmu jiwa, ilmu jasmani, ilmu keadaban dan kesopanan ( etika dan moral), ilmu estetika dan menerapkan cara-cara Pendidikan yang membangun karakter. Dalam semboyan yang dicetuskan oleh beliau bahwa seorang guru harus memberikan contoh kebaikan agar para siswa memahami bagaimana bapak ibu guru menyampaikan ilmunya. Seorang guru adalah pendidik yang selalu berada di tengah-tengah muridnya dan senantiasa harus memberikan semangat untuk mendukung ide-ide mereka untuk berkarya. Dan seorang guru juga harus mampu menuntun, menopang, dan menunjuk arah yang benar bagi hidup dan karya para siswanya..
Harapan saya kepada para siswa:
Melalui
pemikiran dari Ki Hajar Dewantara Pendidikan Indonesia mampu mewujudkan dan
mencerdaskan anak bangsa tanpa ada tekanan dalam belajar bagi siswa. Proses
kemajuan siswa tidak hanya didasarkan pada sisi pengetahuannya saja , namun ada
kemampuan dan keterampilan dari siswa yang perlu dimunculkan. Pendidikan adalah
penting , namun pembentukan karakter dengan prioritas religious, budi pekerti
dan sosial , yang akan mampu memartabatkan manusia.
Harapan saya dengan dunia Pendidikan saat ini, siswa dapat mengeksplorasi kemampuan dan keterampilan dengan bernalar kritis yang beradab, berkomunikasi sosial yang beradab, serta yang utama mempunyai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscaaan, yang berimbas pada keharusan siswa untuk menimba kebisaan dalam Pendidikan teknologi. Karena sebaik-baiknya pendidik adalah yang mampu menempatkan, menerapkan dan mendidik para siswa sesuai dimana mereka akan hidup kelak di zamannya
Semoga dengan mempelajari modul ini , dapat mencerahkan saya dalam pengajaran dan Pendidikan serta meningkatkan refleksi saya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Salam Guru Penggerak
Tergerak Bergerak dan Menggerakkan
Komentar
Posting Komentar