TUGAS 1.2.a.8 Koneksi Antar Materi – Nilai dan peran guru penggerak modul 1.2
TUGAS
1.2.a.8 Koneksi Antar Materi – Nilai dan peran guru penggerak modul 1.2
Oleh
Himmatul Jamilah, S.Pd., M.Pd – CGP Angkatan 9 Kota Tangerang Selatan
Banten
Assalamu’alaikum
wr.wb
Saya ingin merefleksi kegiatan pada modul 1.2 yang telah difasilitasi oleh Bapak Wira Rombe dan Pengajar Praktik Bapak Yurry Matufira dengan menggunakan model 4P
1. Peristiwa
Satu bulan telah menjalani kegiatan Pendidikan guru penggerak, dengan suasana hati yang berawal dengan ketakutan terhadap tugas-tugas yang dikhawatirkan tidak dapat dituntaskan. Support teman-teman juga bapak kepala sekolah telah membangkitkan semangat untuk melanjutkan kegiatan PGP ini.
Pada
modul 1.2 ini saya belajar mengenai nilai dan peran guru penggerak. Diawali
dengan membaca modulnya dan diskusi yang dipimpin oleh bapak Wira Rombe.
2. Perasaan
Setelah mempelajari modul 1.1 mengenai filosofi KHD, saya
mulai terbuka tentang esensi Pendidikan yang sesungguhnya. Setiap anak terlahir
dengan kondisi garis samar yang ada pada
dirinya. Tugas guru hanya menebalkan garis tersebut menuju harapan yang diinginkan
dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Tiga pemikiran KHD menjadi kekuatan
yang mesti diterapkan dalam dunia Pendidikan. Pada modul 1.2 perasaan saya
campur aduk. Antara senang dan ketidakmampuan untuk memenuhi kriteria sebagai
guru penggerak. Nilai dan peran guru penggerak yang disajikan dalan modul serta
diskusi, seolah membawa beban yang ada pada Pundak saya saat ini. Keterkaitan antara
modul 1.1 dan modul 1.2 merupakan kajian lanjutan yang hendak direalisasikan
dalam Pendidikan guru penggerak ini. Filosofis pemikiran KHD dalam Pendidikan yang
berpihak pada murid, melahirkan nilai-nilai dan peran guru penggerak yang
dituangkan dalam modul 1.2 ini.
Belajar mandiri dengan dibimbing oleh instruktur dalam
elaborasi, serta diskusi kelompok bersama fasilitator dan pendampingan individu
1 dengan pengajar praktik, rasa ketakutan mulai berkurang. Menjadi perasaan
senang telah melewati satu bulan.
3. Pembelajaran
Sebelum belajar modul 1.1 dan 1.2 saya selalu
beranggapan bahwa:
a. Murid datang ke sekolah masih berupa kertas kosong, yang harus kita isi sesuai dengan materi atau kemauan guru
b. Setiap
pembelajaran bersumber dari guru, dan murid hanya menerima ilmu tanpa melihat
karakter dan kodrat alam yang dimilikinya
c. Saya
jarang merefleksi kegiatan yang telah dilakukan dan akhirnya pembelajaran
bersifat sama tanpa ada perubahan
Setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2 saya berpikir
bahwa :
a. Murid
sebagai student center, dan guru bertugas menuntun kemampuan yang dimilikinya
b. Salah
satu nilai Pendidikan adalah berpihak pada anak. Artinya kodrat anak saat belajar
dapat diwujudkan dengan bentuk metode pembelajaran yang menarik dan bermakna
bagi murid.
c. Merefleksi
segala kelebihan dan kekurangan setelah melakukan kegiatan pembelajaran bersama
murid. Seorang guru harus mampu bergerak untuk meningkatkan kualitas diri dan
memperbaiki menjadi lebih baik.
d. Pembentukan
karakter murid harus diselaraskan dengan profil pelajar Pancasila agar murid
dapat hidup sebagai individu dan bermartabat di tengah masyarakat.
4. Penerapan
ke depan (Rencana)
a. Belajar
berpusat pada anak (student center)
b. Memberikan
pelayanan psikologi dengan melihat latar belakang anak
c. Membentuk
karakter murid dengan pembiasaan di sekolah
d. Selalu
berefleksi untuk melakukan perbaikan
e. Berkolaborasi
dengan warga sekolah dengan membuka diri terhadap saran dan masukan untuk
peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid
Wassalamu’alaikum waramatullahi wabarakatuh
Salam
guru penggerak
Tergerak,
Bergerak, dan Menggerakkan
Komentar
Posting Komentar