Jurnal Refleksi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid
Jurnal Refleksi Dwimingguan
Modul
3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid
Disusun
oleh :
Himmatul
Jamilah, S.Pd., M.Pd – CGP Angkatan 9
SD
Negeri Serua 04 Tangerang Selatan
“Apa
pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal
besar
bernama Indonesia ini pasti akan bergerak"
-Nadiem
Makarim
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh…
Jurnal Refleksi dwimingguan ini dibuat berdasarkan pengalaman selama proses Pendidikan Guru Penggerak dan modul 3.3 mengenai Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif pada Murid.. Saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu sebagai berikut: 1. Facts (peristiwa) ; 2. Feeling ( perasaan ); 3. Finding (pembelajaran ); dan 4. Future (penerapan).
Berikut
adalah hasil refleksi yang telah saya lakukan:
1. Facts
(Peristiwa) atau apa yang saya alami
Modul 3.3 dimulai pada
tanggal 28 Februari 2024 sebagai langkah awal mengetahui pemahaman pada modul
Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid. Di akhir modul yang saya pelajari yaitu alur MERDEKA,
dengan membaca dan mengingat kembali program berdampak pada murid yang telah
saya lakukan di sekolah. Mulai dari diri dengan adanya pertanyaan pemantik
tentang program berdampak pada murid dan student agency.
Tahap Eksplorasi Konsep secara
mandiri CGP belajar mengenai kepemimpinan murid, student agency, suara murid, serta
pilihan program yang diinginkan murid. Pada
forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa cgp menceritakan program yang telah
dilakukan di sekolah. Dan menarik serta menimbulkan pengetahuan untuk melakukan
program tersebut di sekolah sendiri. Saat murid menjadi pemimpin dalam pembelajaran maka
mereka memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership)
dalam proses pembelajaran mereka. Lewat suara, pilihan, dan kepemilikan inilah
murid kemudian mengembangkan kapasitas dirinya menjadi seorang pemilik bagi
proses belajarnya sendiri.
Pada Ruang Kolaborasi bersama
para CGP dan Fasilitator tanggal 5-6 Maret, 2024 kita dibuat kelompok untuk
membuat program yang berdampak pada murid. Atau program yang sudah dijalankan
di sekolah. Ruang diskusi sangat menarik dan memberikan pencerahan bahkan inspirasi
untuk mengikuti langkah yang dapat dicontoh.
Demonstrasi
Kontekstual , kita
diminta untuk membuat program dengan Prakarsa perubahan dengan memanfaatkan model
manajemen perubahan BAGJA
Elaborasi makin memperkuat pemahaman mengenai materi pada
modul 3.3. bersama instruktur. Para ruang
koneksi antar materi, membuat pemahaman tentang materi ini dan
mengaitkannya dengan modul sebelumnya. Pada ruang aksi nyata,
saya menjabarkan program Geulis-GLS yang telah saya jalankan dengan mewujudkan Prakarsa
perubahan yang menggunakan inkuiry
apresiatif BAGJA yatiu Buat Pertanyaan utama dan ambil pelajaran serta
merefleksikannya.
2.
Feeling
(Perasaan)
Tentunya perasaan
saya sangat senang, karena memahami materi modul terakhir serta adanya emosi
yang sulit diceritakan tentang sedihnya karena hendak berakhir bertemu bersama
fasilitator yang hanya bertemu di ruang maya. Dan para guru hebat yang telah
membersamai di ruang kolaborasi baik secara maya dan tatap muka, namun telah
memberkan banyak ilmu untuk diterapkan pada sekolah masing-masing. Cukup Panjang
perjalanan cgp Angkatan 9 dimulai dari bulan Agustus 2023 dan akan berakhir di
bulan April 2024. Karena kebersamaan ini telah mempererat silahturahmi dan
memahami karakter serta program yang berdampak pada murid secara positif.
3.
Findings
(Pembelajaran)
Dari pembelajaran
modul 3.3 ini, saya makin memahami tentang kegiatan yang semestinya dilakukan di
sekolah, namun murid yang menumbuhkembangkan kegiatan sekolah dengan melibatkan
murid secara utuh dan guru bertindak sebagai fasilitator. Program dibentuk
dengan memperhatikan suara (voice), pilihan (choise), serta kepemilikan
(ownership). Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid’ dan ‘Peran
Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid’ adalah factor
penting dalam mendukung program yang berpihak murid
4.
lFuture
(Penerapan)
Pada bagian ini, maka
saya akan menerapkan di masa datang, terlebih
dahulu saya awali dengan berkomunikasi dengan kepala sekolah, menyebarkan
pemahaman program kepada rekan guru, warga sekolah, dan murid sebagai actor utama.
Tentunya dengan menerima masukan dan saran tentang minat dan keinginan program
yang mereka impikan.
Sekian pemaparan saya dalam refleksi dwi
mingguan Pendidikan Calon Guru Penggerak
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Guru Penggerak
Tergerak Bergerak dan Menggerakkan
Komentar
Posting Komentar